51 Dokter Baru Diambil Sumpah

- 20 Januari 2020, 10:33 WIB
KEJAKSAN, (KC).-
Sebanyak 51 dokter baru diambil sumpahnya dalam kegiatan Sumpah Dokter ke XIV Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Cirebon, Sabtu (18/1/2020). 
Seluruh dokter baru ini merupakan mahasiswa FK UGJ yang telah menempuh pendidikan akademik selama delapan semester dan pendidikan profesi selama empat semester. Seluruh dokter baru ini juga telah mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) dengan tingkat kelulusan memuaskan. 
Rektor UGJ Cirebon, H. Mukarto Siswoyo mengatakan, dengan diambilnya sumpah 51 dokter muda, maka menjadi sesuatu yang membanggakan. Soalnya, saat ini FK UGJ telah meluluskan 258 lulusan dokter sejak berdirinya FK 12 tahun yang lalu.
"Yang sangat membanggakan, di antara 51 lulusan ada satu lulusan yang menempati rangking 3 secara nasional," kata Mukarto.
Mukarto berpesan agar para lulusan ini sepenuhnya mengabdi untuk masyarakat. Menurut Mukarto, menjadi dokter tidaklah mudah. Apalagi menurutnya, masuk pada FK UGJ dan keluarnya pun tidak mudah hingga mencapai kelulusan. Setelah lulus nanti, para lulusan ini dikatakan Mukarto akan diuji.
"Tadi sudah mengucapkan sumpah dokter. Setelah tahapan koas dan lainya selesai, setelah buka praktek nanti disitu akan diuji. Apakah ilmu yang didapat akan didedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, atau justru hanya untuk diri sendiri dan keluarganya dengan tidak peduli masyarakat yang membutuhkan bantuan," katanya.
Sementara itu, Dekan FK UGJ, Catur Setiya Sulistiyana mengatakan 51 dokter baru ini sebelumnya juga telah melakukan ko-asisten atau seorang mahasiswa yang masih dalam tahap pendidikan dalam memenubi kompetensi sebelum dinyatakan sebagai dokter selama dua tahun di rumah sakit yang telah menjalin kerja sama dengan UGJ sebelum dinyatakan lulus. 
Setelah itu, ada kewajiban untuk mengabdi satu tahun di luar Pulau Jawa daerah terpencil baru setelah itu bisa buka praktek.
Catur juga mengharapkan seluruh dokter baru ini untuk menjadi dokter yang baik. Catur juga meminta agar dokter baru ini mengupgrade ilmu. "Upgrade ilmu kalian semua karena selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman," ungkapnya. (Iskandar/KC)

Editor: Saya Kembali


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x