KKN UIN Bandung Gelar Pembinaan Guru MDTA

Bandung Raya

Rabu, 28 Agustus 2019 | 23:26 WIB

190828222703-kkn-u.jpg

SEBANYAK 30 guru Madrasah Diniah Takmiliah Awaliah (MDTA) se-Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung mendapatkan pembinaan tentang Manajemen Pembelajaran MDTA. Pembinaan ini dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-Sisdamas) tahun 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung wilayah Desa Girimekar kelompok 346, 347, dan 348.


"Acara tersebut diadakan di Aula Desa Girimekar, Senin (26/8)," ungkap Kasubbag Humas UIN SGD Bandung didampingi dosen pembimbing lapangan, Dr. H. Tatang Ibrahim, M.Pd. melalui siaran pers yang diterima galamedianews.com, Rabu (28/8/2019).

Rohman mengatakan, narasumber acara tersebut, pakar MDTA Drs. H. Maman Abdul Jalil, M.Ag., Dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung sekaligus penulis buku MDTA dari Penerbit CV Rizqi Bandung.

Rohman mengaku sangat apresiatif terhadap inisiatif mahasiswanya dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

“Insya Alloh kegiatan ini akan memberikan manfaat yang tiada ternilai harganya dan pasti barokah bagi guru-guru MDTA sebagai pengajar anak usia dini (golden age) yang merupakan generasi penerus ajaran Islam. Kegiatan ini bisa menjadi ikon di setiap kegiatan KKN UIN Bandung, karena apapun jurusannya, peserta KKN UIN mengedepankan ruh ajaran Islam yang toleran dan rohmatan lilalamiin, terlebih UIN Bandung mengusung Wahyu Memandu Ilmu,” ucap Rohman.

Ketua panitia acara tersebut, Ilyas mengatakan peserta pembinaan akan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti pembinaan.

“Peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti mengikuti pembinaan guru-guru MDTA, sebagai penghargaan atas partisipasinya dalam kegiatan ini," ujar Ilyas.

“Sepengetahuan saya pembinaan ini baru pertama kali diadakan oleh peserta KKN, baik dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, maupun mahasiswa KKN Perguruan Tinggi lainnya. Ini contoh kongkrit pengabdian kepada masyarakat dari UIN, terlebih dari UIN banyak pakar-pakar agama Islam, dan mohon kegiatan ini terus berlanjut,” ujar Iyan Suryana, Plt Desa Girimekar.

Iyan menambahkan, pembinaan ini sangat bermanfaat untuk memberikan fondasi ajaran Islam kepada anak didik usia dini yang sekarang tengah belajar di sekolah formal (MI/SD). Iyan mengaku, dengan adanya pembinaan guru MDTA di wilayahnya, dirinya merasa terbantu dalam hal pembangunan bidang keagamaan.

“Kami atas nama masyarakat desa Girimekar merasa terbantu dengan adanya pembinaan terhadap guru-guru MDTA dari KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini. Kegiatan ini merupakan wujud nyata KKN Sisdamas yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya pembinaan guru-guru MDTA ini," katanya.

Siti Rohmah, salah seorang peserta, mengatakan, lembaganya merasa diperhatikan oleh pihak lain dalam hal ini pihak desa Girimekar, sebab dengan adanya pembinaan seperti ini, kami memiliki arah dan tujuan bagaimana baiknya menyelenggarakan MDTA dan sekaligus sistem pembelajarannya.

“Dengan adanya pembinaan ini, benar-benar saya tersanjung dan menambah semangat untuk mengajar, dan mendidik anak-anak, karena merasa diperhatikan," ujar Siti.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR