Mengenang Film Kartun tahun 2000-an yang Bikin Kangen

Ragam

Rabu, 14 Agustus 2019 | 12:41 WIB

190814124408-menge.jpg

ist

Chibi Maruko Chan

BAGI anak-anak generasi 90-an dan 2000an awal, ada masanya hari-hari mereka diisi dengan film-film kartun di TV lokal. Khususnya yang tayang di hari Minggu.

Film- film tersebut memberikan kesan hiburan serta mendidik bagi anak-anak yang menontonnya. Selain terbebas dari rutinitas bangun pagi karena sekolah libur, film kartun di televise meerupakan hal yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Beberapa stasiun televisi yang selalu menayangkan film kartun di hari Minggu yaitu RCTI, Spacetoon,Global TV, Indosiar, dan RTV.

Berikut beberapa film kartun yang sudah tidak ditayangkan di televisi Indonesia

1. Captain Tsubasa

Ini adalah kartun yang paling popular dikalangan anak laki-laki yaitu Captain Tsubasa. Captain Tsubasa menceritakan kisah tentang Tsubasa Ozora yang bermain bola dan membawa SDnya yang awalnya jadi tim underdog, yang kemudian menjadi juara.

2. Pokemon

Sebelum adanya game Pokemon-Go, film Pokemon ini yang sangat dinanti-nantikan oleh ana-anak pada tahun 90-an di hari Minggu Pagi.

Kartun ini mengisahkan tentang perjalanan Pokemon Trainer yaitu Ali, Misti, dan Brock untuk menjadi yang terbaik dan mendapatkan lencana. Dan mereka harus bertarung dengan banyak Pokemon.

Tak hanya itu, ada juga tokoh antagonis yang selalu bernasib sial, yaitu Team Rocket yang terdiri dari Jessiee, James, dan Miawth, Pokemon berbentuk kucing.

3. Dragon Ball

Kartun karangan Akira Toriyama ini bisa dibilang kartun sepanjang masa. Kartun ini menceritakan tentang seorang bocah yang bernama SonGoku yang hidup ditengah gunung sendirian. Ia lalu bertemu dengan Bulma , seorang gadis muda yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball. Bahkan saking panjang ceritanya, SonGoku sampai memilik anak dan cucu.

4. Chibi Maruko Chan

Film ini adalah serian anime yang diangkat dari manga popular yang dikarang oleh Momoko Sakura, dan juga nama panggilan untuk tokoh utama berupa anak perempuan yang berusia 9 tahun kelas 3 sekolah dasar. Kisahnya bertemakan komedi kehidupan sehari-hari anak SD berdasarkan pengalaman masa kecil pengarangnya. Serial anime ini pernah ditayangkan di RCTI dan Spacetoon.

5. Ninja Hattori

Ninja Hattori-kun adalah serial manga oleh Fujiko Fujio yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah drama TV, serial anime, dan permainan video.Di Indonesia,serial ini ditayangkan di RCTI tahun 90-an & Spacetoon (Indonesia) tahun 2011.

Serial ini bercerita tentang Kenichi Mitsuba (10 tahun) adalah anak biasa yang pergi ke sekolah dasar untuk belajar. Sementara itu seorang ninja kecil bernama Hattori Kanzo berteman dengan Kenichi. Hattori yang sekarang menjadi bagian dari keluarga Mitsuba bersama dengan saudaranya, Shinzou dan anjing ninjanya, Shishi-Maru.

Hattori membantu Kenichi dengan berbagai masalah yang dihadapinya dan terus menjaganya sebagai seorang teman yang baik. Yumeko-chan adalah gadis yang disukai oleh Kenichi. Sedangkan Kimimaki, seorang Ninja dari Koga dan kucing ninjanya, Kagekiyo ( masing-masing disebut Amara dan Kiyo dalam versi India) selalu membuat masalah dengan Kenichi. Kenichi meminta Hattori untuk membalas dendamnya.
Meskipun Hattori adalah teman yang baik, Kenichi kadang-kadang berkelahi dengan Hattori karena kesalahpahaman yang dibuat oleh Kemumaki. Kadang-kadang Jippou, Togejirou dan Tsubame juga membantunya.Film ini memiliki alur cerita mirip Doraemon.

6. Crayon Sinchan

Crayon Shin-chan (Kureyon Shinchan) adalah serial manga dan anime karya Yoshito Usui. Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.Humor dalam seri ini berasal dari tingkah laku Shin-chan yang janggal. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shin-chan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.

7. Power Puff Girls

Kartun yang mengisahkan tiga gadis mungil menggemaskan yang memiliki kekuatan super.

Dengan karakter yang berbeda, Blossom, Bubbles, dan Buttercup yang diciptakan oleh Professor Utonium ini berkerja sama menjaga dan melindungi Townsville dari serangan penjahat.

8. Rugrats

Rugrats pertama kali ditayangin di Amerika pada tahun 1991. Udah lama banget ya? Nah selama tayang dari 1991 sampe 2004, Rugrats sempet jadi kartun rutin di Lativi. Ceritanya tentang satu geng bayi yang suka berpetualang dari khayalan mereka sendiri. Ada Tommy, Chuckie, si kembar Phil dan Lil, dan pastinya si Angelica yang menyebalkan.

9. Dora The Explorer

Aku Peta, aku Peta, Aku Peta!  Semua pasti tau dan masih inget kartun satu ini. Dulu sering sekali jalan-jalan berpetualang bersama Dora, dan ikut gemas kalau Dora tidak melihat si Swiper yang suka mencuri, padahal kita sudah berteriak di depan TV setiap Dora bertanya, "Di manakah Swiper bersembunyi?

10. Naruto

Naruto adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Serial ini didasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump pada Agustus 1997.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR