Inilah Kunci Setiap Kebaikan

Ragam

Kamis, 18 Juli 2019 | 01:10 WIB

190717213053-inila.jpg

Net


TIDAK ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah dari pada doa. (HR. Ahmad 8748, Turmudzi 3696).

Doa merupakan salah satu ibadah yang paling mulia. Karena berdoa merupakan bukti bahwa kita adalah mahluk lemah yang sangat membutuhkan Allah Dzat yang Maha Kaya. Sebaliknya, orang yang enggan berdoa, Allah sebut sebagai manusia sombong. Allah berfirman,

"Sesungguhnya orang yang sombong karena tidak mau beribadah kepada-Ku, akan Aku masukkan dia ke dalam Jahanam dengan terhina." (QS. Ghafir: 60)

Yang dimaksud ‘tidak mau beribadah’ pada ayat di atas adalah ‘tidak mau berdoa.’

Di saat sang hamba merasa rendah di hadapan Allah, mengakui betapa Kuasa-Nya Allah, saat itulah dia akan semakin dekat dengan Allah. Sehingga doa memberikan pengaruh yang luar biasa untuk membuka pintu kebaikan bagi hamba.

Syaikhul Islam pernah berpesan kepada Abul Qasim al-Maghribi, “Doa adalah kunci setiap kebaikan.” (Majmu’ al-Fatawa, 10/661)

Allah menjanjikan ijabah bagi mereka yang berdoa dan bersandar kepada-Nya.

Allah berfirman,

Rab kalian berfirman, “Berdoalah kalian kepada-Ku, niscaya Aku akan ijabahi kalian.” (QS. Ghafir: 60).

Amirul Mukminin, Umar bin Khatab pernah mengatakan, “Motivasi saya bukan ijabah, namun motivasi saya adalah doa. Jika saya sudah dimudahkan untuk berdoa, ijabah pasti akan membersamanya.” (Iqtidha’ as-Shirat al-Mustaqim, 2/229).

Artinya, yang lebih penting adalah bagaimana kita lebih banyak berdoa, dan berusaha memenuhi setiap syarat doa, seperti: banyak tunduk (khudhu’) kepada Allah, tawadhu’, banyak bertaubat dari dosa, dan adab-adab lainnya. Jika doa sudah memenuhi setiap ketentuannya, maka akan lebih mudah untuk diijabahi oleh Allah.

Seorang ulama tabiin, Mutharrif bin Sikhhir mengatakan, "Aku berusaha membayangkan apa kumpulan kebaikan, ternyata kebaikan itu banyak, puasa, salat, dan semuanya ada di tangan Allah. Dan kamu tidak akan mampu untuk mendapatkan apa yang ada di tangan Allah, kecuali dengan cara meminta-Nya, lalu Allah memberikannya kepadamu. Kesimpulannya, kunci semua kebaikan adalah doa." (az-Zuhd, Imam Ahmad, hlm. 241).

Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu 'Alahi Wasallam bersabda, Apabila seorang muslim menyampaikan sebuah doa yang tidak mengandung dosa atau memutus silaturrahmi, maka Allah akan memberikan salah satu dari 3 hal,

Bisa Allah segerakan pengabulan doanya (di dunia), atau Allah simpan doa itu untuknya di akhirat, atau Allah lindungi dia dari keburukan yang semisal dengan apa yang dia minta.”

Para sahabat mengatakan, ‘Jika demikian, kami akan memperbanyak doa.’ Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, “Allah lebih banyak dalam mengabulkan doa.” (HR. Ahmad 11133 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Ibnu Abdil Bar menjelaskan tentang hadis ini, "Hadis ini merupakan dalil bahwa setiap doa pasti dikabulkan, dengan tiga pilihan di atas." (at-Tamhid, 10/297).

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR