Alami Kerugian Akibat Sepi Penumpang, Sriwijaya Air Tutup Sejumlah Rute Domestik

Nasional

Senin, 15 Juli 2019 | 19:42 WIB

190715194335-alami.jpg

IDN Times

MASKAPAI Sriwijaya Air resmi menutup beberapa rute penerbangan domestik. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan maskapai.

Direktur Niaga Sriwijaya Air, Joseph Tendean mengatakan, penutupan dilakukan di beberapa rute penerbangan karena sepi penumpang dan kurang diminati. Diketahui, rute penerbangan yang ditutup didominasi luar Pulau Jawa Seperti Merauke dan Nabire.

"Kita cut off itu kayak Banyuwangi kita sudah nggak terbang. Kemudian Merauke, Nabire ada beberapa mungkin sekitar 5 sampai 6 rute yang kita cut," ujar Joseph seperti dilansir suara.com, Senin (15/7/2019).

Joseph menerangkan, pihaknya akan menambah empat rute untuk mengganti rute yang ditutup. Salah satunya Medan-Surabaya, Jakarta-Sorong dan Surabaya-Samarinda.

"Tahun lalu kan rugi Rp 1,2 triliun, nantinya ada perbaikan rute-rute yang rugi kita tutup, rute yang untung kita buka kita tambah," terangnya.

Selain itu, kebijakan pemerintah untuk memberikan penerbangan murah pada maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC) diperkirakan akan berdampak pada Sriwijaya Air dengan kategori medium service.

"Saat ini belum terasa karena pembukuan kita sudah lama. Kedepannya mungkin pengaruh, kemungkinan akan pengaruh," terangnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR