Diikuti Peserta dari 90 Negara

Dari Kompetisi Fotografer Astronomi 2019, Mengintip Kemegahan Luar Angkasa dalam Jepretan Kamera

Ragam

Selasa, 18 Juni 2019 | 16:00 WIB

190618154622-dari-.jpg

dailymail

Gambar-gambar luar biasa dari kompetisi Fotografer Astronomi 2019 menjadi bukti  kemegahan Galaksi Bimasakti berlatar pegunungan Bavaria juga Southern Lights yang diabadikan dari Tasmania. Untuk edisi ke-8 kontes yang diselenggarakan  Royal Observatory Greenwich  London ini sedikitnya ada 4.600 calon juara baik amatir maupun profesional yang berasal dari  90 negara.

Dikutip dari DailyMail ada sembilan kategori yang bisa diikuti yaitu gedung pencakar langit, aurora, manusia dan ruang angkasa, matahari, bulan, planet, komet dan asteroid, bintang dan nebula, galaksi, dan fotografer astronomi.

Juri termasuk komedian Jon Culshaw, editor seni BBC Sky at Night Magazine Steve Marsh dan sejumlah pakar. Juara keseluruhan diumumkan pada 12 September dan semua foto plus pilihan khusus akan dipajang di Museum Maritim Nasional mulai 13 September. Seperti apa hasil jepretan kandidat kontes kali ini? Berikut di antaranya: 

Langit bertabur bintang di Mount Hooker  Wyoming karya Marc Toso.

Andrew Campbell dari Canberra, Australia dengan karyanya  Helix Nebula atau NGC 7293 yang juga dijuluki Eye of Sauron, karakter antagonis J.R.R. Tolkein dalam Lord of the Rings.

Alastair Woodward dengan objek langka berupa gas yang berasal dari permukaan Matahari.

Suavi Lipinski dari Paddington Brisbane, Australia dengan karyanya  NGC 6357 atau Lobster Nebula.

Salah satu karya pilihan khusus Aurora berbentuk burung yang melebarkan sayap ini diambil dari Murmansk, Rusia dan termasuk Nebula Horsehead.

Karya Wang Zheng, aurora berbentuk phoenix.

Edisi kali ini menyertakan kategori dari beragam background  mulai dari hobi hingga yang bertema robot.

Sebagai penghargaan bagi fotografer muda, tahun ini ada penghargaan khusus bagi pencinta fotografi dengan usia di bawah 16 tahun.

Karya Alexander Stepanenko, aurora burung terbang yang diabadikan stasiun hidroelektrik militer di Murmansk, Rusia.

Miguel Claro dari Lisabon, Portugal  menciptakan gambar permukaan bulan yang sangat rinci hasil jahitan empat panel yang masing-masing terdiri dari 30 foto. Dia mengambil foto-foto tadi di Observatorium Cumeada di selatan Portugal.

Juara berhak atas hadiah ratusan juta rupiah.

Good luck you’all!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR