Waduk Jatiluhur Akan Dikembangkan Jadi Wisata Air Kelas Dunia

Pariwisata

Sabtu, 15 Juni 2019 | 07:40 WIB

190615072529-waduk.jpg

okezone

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat membidik Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata air berkelas dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, pengembangan Waduk Jatiluhur menuju destinasi wisata telah ditandai melalui kesepakatan dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II.

Ia mencontohkan, Waduk Jatiluhur akan berkonsep seperti wisata air Danau Toba di Sumatera Utara.

"Kita ada MoU (nota kesepahaman) antara Pemprov dengan PJT II. Hasil pertemuan dengan PJT II ada beberapa yang kita kerjasamakan dan kolaborasi. Diharapkan ke depan ada suatu kolaborasi yang memang nantinya menghasilkan suatu destinasi yang world class (kelas dunia)," urainya saat on air di PRFM, Jumat (14/6/2019).

Menurut data yang dimiliki Disparbud Jabar, keberminatan kunjungan wisata air di wilayah Jabar mencapai 30 persen. Dengan angka tersebut, Pemprov Jabar mengajukan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan.

"Kami punya target untuk wisatawan nusantara sebanyak 48 juta kunjungan, untuk wisatawan mancanegara kita inginkan 1,8 juta," tambah Dedi.

Secara historis, Waduk Jatiluhur telah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata sejak tahun 70an. Menurut Dedi, Waduk Jatiluhur memiliki beragam spot menarik mengingat letaknya yang dikelilingi pegunungan.

"Ternyata pegunungan mengelilingi Jatiluhur yang memang bisa kita lihat beberapa titik yang suasana sore hari dan pagi hari boleh disebut wisata selfie," pungkasnya.

Sementara itu, pengembangan wisata air merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jabar dalam 5 tahun ke depan. Artinya, pengembangan wisata di Waduk Jatiluhur harus sudah selesai sebelum jangka waktu 5 tahun.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR