199 Desa di Kabupaten Bandung Gelar Pilkades Oktober Mendatang

Pemilu

Jumat, 14 Juni 2019 | 13:45 WIB

190614134607-199-d.jpg

Engkos Kosasih

SEBANYAK 199 desa di Kabupaten Bandung segera dan siap-siap mengelar Pilkades serentak. Rencananya Pilkades serentak tersebut akan dilaksanakan Oktober mendatang.

Terkait rencana Pilkades serentak di Kabupaten Bandung tersebut, Jumat (14/6/2019) pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung mulai menggelar sosialisasi di dapil 3 meliputi Kecamatan Cileunyi, Bojongsoang, Cilengkrang dan Kecamatan Cimenyan. Sosialisasi bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cileunyi dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan yang juga Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Bandung.

Hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PPMD) Kabupaten  Bandung, H. Tata Irawan, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten  Bandung H. Cecep Suhendar, para camat di dapil 3, para ketua BPD dan para tokoh masyarakat.

Dalam paparan sosialisasi Pilkades tersebut, baik Ruli, Tata dan Cecep berharap dalam Pilkades serentak yang diikuti 199 desa di Kabupaten Bandung ini bisa sukses tanpa ekses.

"Kami memang sangat berharap Pilkades serentak yang diikuti 199 desa di Kabupaten Bandung bisa sukses tanpa ekses. Insya Allah pilkades serentak nanti sukses tanpa ekses. Pasalnya, saat digelar pilpres dan pileg beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Bandung tergolong sukses tanpa ekses," kata Cecep dalam paparannya.

Sementara itu, Tata Irawan mengatakan, dari 199 desa yang akan menggelar Pilkades serentak, 150 desa telah dipimpin oleh penjabat kepala desa.

"Jika kades yang habis masa jabatannya dan kembali akan mencalonkan harus cuti. Penjabat kepala desa harus dari PNS. Jika kades yang habis massa jabatannya dan tak akan mencalonkan kembali bisa jadi penjabat kades asal sesuai aturan," terang Tata.      

Sedangkan Camat Cileunyi, Solihin mengatakan, di dapil 3 meliputi Kecamatan Cileunyi, Bojongsoang, Cilengkrang dan Kecamatan Cimenyan ada 19 desa yang akan menggelar Pilkades serentak.

"Di Kec. Cileunyi saja, dari 6 desa, 4  desa akan menggelar Pilkades serentak, yakni Desa Cinunuk, Cimekar, Cibiru Wetan, Cileunyi Kulon dan Desa Cileunyi Wetan," kata Solihin.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR