Anak Singa dan Anak Orang Utan Jadi Daya Tarik Pengunjung

Ribuan Wisatawan Padati Taman Satwa Cikembulan

Daerah

Sabtu, 8 Juni 2019 | 21:56 WIB

190608211955-ribua.jpg

Agus Somantri

Taman Satwa Cikembulan (TSC) di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut dipadati wisatawan yang ingin melihat ratusan satwa dari berbagai spesies, Sabtu (8/5/2019).

LIBUR lebaran sering dimanfaatkan warga untuk berwisata. Salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan diantaranya Taman Satwa Cikembulan (TSC) di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut.  

Pengelola Taman Satwa Cikembulan (TSC), Rudy Arifin, mengatakan, sejak hari Idulfitri, taman satwa yang dikelolanya tersebut sudah diserbu  belasan ribu pengunjung yang ingin melihat ratusan satwa dari berbagai spesies.

“Sampai H+3 lebaran sudah ada 11 ribu pengunjung yang datang kesini. (Jumlah) Itu ada peningkatan setiap hari lebaran. Keramaian pengunjung diperkirakan juga terjadi besok (Minggu-red),” ujarnya di Taman Satwa Cikembulan, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Sabtu (8/5/2019).

Menurut Rudy, dari sekitar 500 ekor satwa yang ada di Taman Satwa Cikembulan, para pengunjung lebih tertarik untuk melihat beberapa satwa, diantaranya Singa, harimau, beruang, buaya, dan orang utan.

"Pengunjung yang datang banyak juga dari luar kota. Ada yang dari Bandung, Jakarta, Jogja, bahkan dari Sumatera. Tapi masih didominasi warga lokal Garut," ucapnya.

Ia menyebutkan, salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung yang datang yaitu keberadaan anak singa yang masih berusia 1 tahun dan anak orang utan yang baru berumur 7 bulan.  

“Para pengunjung, terutama anak-anak senang melihat anak singa yang baru berumur setahun lebih, itu ada dua ekor. Selain itu, pengunjung juga senang ketika melihat bayi Orang Utan yang baru berusia 7 bulan dan kini sedang dalam tahap pertumbuhan dan menyusui,” ucapnya.

Untuk memberi pelayanan kepada pengunjung, terang Rudy, pihaknya juga mengadakan acara hiburan dengan mendatangkan artis. Antusiasme pengunjung pun sangat bagus karena mendapat hiburan.

Namun begitu, Rudy menuturkan, ramainya pengunjung setiap musim liburan ke Taman Satwa Cikembulan nampaknya kurang ditunjang dengan fasilitas jalan yang memadai.

"Sehingga kerap dilanda macet parah, terutama ketika libur lebaran seperti sekarang ini," katanya.

Rudy pun berharap, kedepan ada akses jalan masuk yang lebih besar. Dengan demikian, pengunjung akan semakin dimudahkan untuk berwisata ke Taman Satwa Cikembulan.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR