Sebelum Lebaran, Dinas PUPR Garut Targetkan Perbaikan Jalan Berlubang Selesai

Ramadan

Jumat, 17 Mei 2019 | 19:34 WIB

190517193442-sebel.jpg

Agus Somantri

MENGHADAPI musim mudik Lebaran yang tidak lama lagi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut terus melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan berlubang, terutama di jalan protokol. Perbaikan dilakukan dengan sistem tambal sulam.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Uu Saepudin, mengatakan pekerjaan tahunan seperti lubang di jalan memang selalu ada. Selain faktor cuaca, tonase yang tidak sesuai juga menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan.

"Kita sekarang melakukan perbaikan jalan dengan tambal sulam. Karena akibat  musim hujan kemarin, jadi banyak lubang dibeberapa jalan protokol,” ujarnya, Jumat (17/5/2019).

Menurut Uu, musim hujan yang terjadi beberapa waktu lalu, menyebabkan terjadinya banyak lubang hampir di setiap ruas jalan protokol, mulai dari Jalan Otista, Jalan Cimanuk, Jalan Pembangunan, Jalan Sudirman, Jalan Hasan Arif, hingga Jalan Anwar Musadad.

"Kerusakan umumnya akibat curah hujan yang lebat, ditambah banyaknya kendaraan dengan tonase yang tidak sesuai dengan bobot jalan," ucapnya.

Uu menyebut, menghadapi arus mudik ini pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan perbaikan jalan terutama di sejumlah ruas jalan protokol yang mengalami kerusakan cukup berat, salah satunya di Jalan KH. Anwar Musadad.

"Kita terus mengoptimalkan dengan waktu yang ada untuk melakukan perbaikan terutama di seputaran Jalan Anwar Musadad," katanya.

Uu menuturkan, pihaknya melakukan sistem tambal sulam untuk memperbaiki jalan yang berlubang. Tambal sulam sendiri masih menggunakan batu koral dan dilapis aspal sehingga cukup efektif karena perbaikan dapat dilakukan dengan waktu yang cukup singkat.

"Kita tagetkan pada H-7 sebelum Lebaran sudah tidak ada lagi jalan yang berlubang," katanya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR