Kakak Nikahi Miss Moscow Adik Persunting Sosiolog Swedia, Pernikahan Antarbangsa Pangeran Malaysia

Dunia

Selasa, 23 April 2019 | 11:01 WIB

190423110131-kakak.jpg

dailymail

Putra mahkota Malaysia, Tengku Muhammad Faiz Petra (45) resmi menikahi perempuan Swedia Louise Johansson (32) dalam upacara tradisional, Jumat pekan lalu. Lulusan fakultas bahasa Inggris dan sosiologi dari Mjölby, Swedia itu bertemu sang pangeran yang tengah studi di Inggris setelah pindah ke Negeri Ratu Elizabeth. Ini menjadi pernikahan antarbangsa ketiga setelah sebelumnya Pangeran Muhammad menikahi Miss Moscow.

Pihak istana sejauh ini belum merilis detail mengenai pertemuan keduanya. Dikutip dari DailyMail kemarin, pasangan ini menikah di Istana Balai Besar yang dibangun pada tahun 1840-an sebagai  kediaman resmi Sultan Kelantan. Hanya dihadiri 300 tamu undangan, ikatan suci beda negara ini diresmikan  hakim ketua pengadilan Syariah Kelantan, Datuk Daud Mohamad.

Mewah dan terbatas.

Pihak istana belum memberikan detail.

Digelar di Istana Balai Besar.

Bukan yang pertama.

Gambar-gambar spektakuler dari resepsi yang diposting di media sosial menunjukkan perayaan mewah. Pangeran Petra menjadi anggota kerajaan Malaysia terbaru yang mempersunting perempuan non-Melayu. November tahun lalu saudara laki-laki Petra yang juga Putra Mahkota, Sultan Muhammad (49) menjadi berita saat menikahi mantan Miss Moskow Oksana Voevodina (25).

Hanya tiga bulan setelahnya Muhammad memilih lengser. Sesuai  tradisi, sembilan  raja di Malaysia secara turun-temurun  bergiliran menduduki tahta selama lima tahun. Dan seperti kedua saudara laki-lakinya, tahun 2017 putri satu-satunya dari Sultan Johor, Tunku Tun Aminah Sultan Ibrahim menikahi Dennis Muhammad Abdullah, mantan pesepak bola profesional dari Lisse, Belanda. 

Pangeran Petra dan Louis.

Sebelumnya Pangeran Muhammad menikahi mantan Miss Moscow.

Pangeran Muhammad memilih lengser tiga bulan setelah menikahi Oksana.

Oksana kini bernama Rihana.

Tradisi lain bangsawan Malaysia, mempelai yang menikah harus sama-sama beragama Islam. Faktanya Oksana kini bernama muslim Rihana, sedangkan Dennis menambahkan Muhammad Abdullah setelah memeluk agama Islam sebelum menikah. Namun untuk Pengeran Petra belum ada informasi mengenai apakah Louise sudah atau akan menjadi muslim.

Yang pasti Louise mengenakan gaun bersulam benang emas dengan kerudung panjang dan tiara di hari istimewanya. Turut hadir duta besar Swedia Dag Juhlin-Dannfelt dan keluarga Louise yang terbang langsung dari Swedia. Foto-foto dikumentasi sendiri ramai diposting di sosial media oleh para tamu, termasuk panata rias mempelai yang kemudian menghapusnya.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR