Brigif Raider 9/Kostrad Bantu Amankan 5 Stasiun di Daops Jember

Pemilu

Jumat, 12 April 2019 | 19:57 WIB

190412200335-brigi.jpg

semboyan35.com

PULUHAN anggota TNI dari kesatuan Brigif Raider 9/Kostrad Jember mengamankan lima stasiun besar di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan, Jawa Timur menjelang Pemilu 2019.

"Kami mendapat bantuan pengamanan dari TNI terhitung mulai 10 April hingga 24 April 2019 di sejumlah stasiun," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Kamis (11/4/2019).

Baca Juga: Jaga Kebugaran dan Ketahanan Fisik, Prajurit Lari sejauh 21 KM

Kelima stasiun wilayah Daop 9 Jember yang mendapat pengamanan TNI yakni Stasiun Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember dan Stasiun Banyuwangi yang masing-masing stasiun dijaga 4 personel setiap hari.

"Penjagaan tersebut diharapkan semakin memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang di stasiun menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada 17 April 2019," tuturnya.

Baca Juga: Anggota Brigif Raider 13/1 Kostrad Tes Urine

Ia memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api baik sebelum maupun sesudah pemungutan suara karena juga bersamaan dengan hari libur yang ditetapkan pemerintah.

"Disamping penjagaan di stasiun oleh anggota TNI, jajaran polisi juga membantu pengamanan di masing-masing stasiun sesuai dengan kewilayahan setempat," ujarnya.

Baca Juga: Komandan Brigif Raider 13/1 Kostrad; Peringatan Isra Mi'raj Jangan Hanya Seremonial

Luqman mengatakan personel TNI dan Polri tersebut akan membantu pengamanan jalur kereta api di wilayah stasiun masing-masing, sehingga perjalanan kereta api bisa berjalan lancar.

Sementara Komandan Brigif Raider 9/Kostrad Letkol Inf Robby Suryadi mengatakan pihaknya menerima surat dari PT KAI dan surat tugas rahasia (STR) dari pimpinan untuk membantu pengamanan di lima stasiun kereta api wilayah Daop 9 Jember menjelang pemungutan suara Pemilu 2019.

"Sebanyak 20 personel yang kami siagakan di lima stasiun kereta api di wilayah Daop 9 Jember dengan masing-masing stasiun dijaga empat personel," tuturnya.

Setiap hari, di Daop 9 Jember tercatat delapan keberangkatan KA jarak jauh dan menengah yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri Tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP.

Editor: Endan Suhendra

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR