Pengguna Google Maps Disuguhi Layar Hitam, Gmail Down yang Bikin Heboh

Ragam

Rabu, 13 Maret 2019 | 12:20 WIB

190313122000-pengg.jpg

net


Para pengguna Gmail dan Google Drive dibuat kesal jika bukan kaget saat layanan surel dari mesin pencari Google tersebut tak bisa digunakan. Meski kesal tapi masih bisa bernapas lega karena kerusakan bukan pada perangkat  mereka. Ya, dibanjiri keluhan pengguna pihak Google menyatakan terjadi “gangguan teknis” yang hingga kini masih ditelusuri.

Yang pasti gangguan membuat para pengguna di sejumlah negara tak dapat mengaksesnya, termasuk di Indonesia. Selain di Tanah Air, layanan di sejumlah negara di Eropa, juga Amerika, Australia, dan Amerika Selatan juga ikut terkena imbas. Rata-rata pengguna mendapat pesan balik “error messages” atau gangguan lainnya yang tak biasanya.

"Kami sedang menyelidiki laporan masalah dengan Gmail. Kami akan segera memberikan informasi lebih lanjut. Pengguna yang terpengaruh dapat mengakses Gmail, tapi ada error messages, latensi tinggi, dan atau gangguan lainnya.” Demikian pernyataan resmi pihak Google.

Selain mewarnai timeline sejumlah media, pencarian untuk “Google down” di berbagai mesin pencari juga mengalami lonjakan. Sejauh ini ada lebih ari satu miliar pengguna Gmail. 

Mereka yang terkena dampak tidak dapat mengirim email, menerima pesan baik berupa pemberitahuan “Pesan tidak dapat dikirim. Periksa jaringan Anda dan coba lagi ”. Yang lain mengalami masalah dalam membuka lampiran.

Beberapa jam setelah isu ini pertama kali dilaporkan, Google mengonfirmasi  pengguna akan mengalami masalah dalam mengakses atau melampirkan file termasuk "melampirkan atau mengakses lampiran ke email, "serta mengakses dan menyimpan draf email dan mengirim email. 

Google juga mengonfirmasi ada masalah dengan mengunggah dan mengunduh file dari Google Drive dan mengunggah foto atau lampiran ke Hangouts. Tak itu saja Google Maps juga  mengalami masalah. Pengguna yang mencoba menggunakan mode Street View mendapati layar hitam, bukannya gambar lokasi. Namun masalah ini tidak dikonfirmasi oleh Google seperti terlihat pada dasbor G Suite. 

Google belum mengonfirmasi penyebab gangguan  atau berapa lama  persoalan ini akan berlangsung. Sementara itu menyusul gangguan ini sejumlah pengguna di Australia sampai tidak bekerja sepanjang sore.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR