BSN Beri Penghargaan "SNI Award" ke Lembaga Pendidikan Tinggi

Nasional

Kamis, 22 November 2018 | 15:48 WIB

181122154900-bsn-b.jpg

Tok Suwarto

Wakil Rektor IV UNS, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, menunjukkan piagam SNI Award beserta tropi perak ber-SNI.

BADAN Standarisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan berupa  "Standar Nasional Indonesia (SNI) Award"  kepada lembaga pendidikan tinggi, di antaranya diberikan ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berupa "SNI Award" kategori perak. Bagi UNS yang baru pertama mengikuti program penghargaan bagi lembaga pendidikan tinggi tersebu, pada pagelaran yang ke-14 kali. 2018 ini langsung mendapat "SNI Award" kategori perak.

"Pada tahun 2017 lalu, SNI Award diberikan kepada 50 organisasi dan perusahaan yang berkinerja baik dan konsisten dalam menerapkan dan mempromosikan SNI. Penilaian lembaga pendidikan tinggi masih disatukan dengan organisasi dan perusahaan lain.  Terapi, pada tahun 2018 ini penghargaan SNI Award diberikan kepada 56 organisasi dan perusahaan yang penilaian untuk lembaga pendidikan tinggi maupun pendidikan menengah dipisah," ujar Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, menjelaskan kepada wartawan, Rabu (21/11/2018).

Mengutip data lembaga organisasi dan perusahaan yang masuk dalam proses seleksi SNI Award, dari tahun ke tahun jumlahnya sering mengalami pasang surut. Pada pemberian penghargaan SNI Award tahun 2015 tercatat sebanyak 151 lembaga organisasi yang mendaftar. Pada 2016 jumlahnya menurun menjadi sebanyak 108 lembaga organisasi dan perusahaan, serta pada tahun 2017 namun lagi menjadi 126 lembaga organisasi dan perusahaan.

“Pada pemberian SNI Award tahun ini terdapat 208 lembaga  organisasi dan perusahaan yang mendaftar, namun jumlah yang lolos sampai tahap penilaian melalui kunjungan lapangan hanya sebanyak 71 dan yang mendapatkan penghargaan sebanyak 56 lembaga organisasi dan perusahaan,” jelasnya.

Menurut Prof. Widodo, proses penilaian SNI Award dilaksanakan tim juri yang diketuai pakar ekonomi UI, Prof. Dr. Rhenald Khasali dan beranggotakan 19 orang ahli bidang standardisasi. Penerima SNI Award tahun 2018 yang terbagi dalam 12 kategori, penilaiannya mencakup bidang organisasi pendidikan menengah dan organisasi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi  Badan Akreditasi Nasional.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR