Ditreskrimum Polda Jabar Gulung 11 Bandit Spesialis Curas

Dor..dor ! Dua Pelaku Ditembak, Seorang Diantaranya Tewas Terkapar

TKP

Rabu, 7 Maret 2018 | 16:42 WIB

180307164239-dor-dor--dua-pelaku-ditembak-seorang-diantaranya-tewas-terkapar.jpg

Remy Suryadie

Jajaran Ditreskrimum Polda Jabar berhasil mengungkap dan menangkap 11 pelaku spesialis kasus pencurian dengan kekerasan (curas) yang kerap beraksi di  Indramayu, Cirebon, Majalengka dan Kuningan.

Bahkan dari ke 11 pelaku, polisi menembak mati seorang pelaku berinisial Elgino alias Rojak (40), dan Jajang (43) ditembak betis kakinya karena melawan saat akan ditangkap, sedangkan ke 9 tersangka lainnya bernama Emod, Soleh, Tata, Mulyana, Aris, Noe Haryanto, Aan Andari, Sulaeman dan Juju. Mereka ditangkap polisi di tempat dan waktu yang berbeda.

Wadireskrimum Polda Jabar, AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko didampingi Kasubnit Penmas Bidhumas Kompol Santi Bunarni kepada wartawan di RS Sartika Asih, Rabu (7/3/2018) menjelaskan bahwa komplotan curas yang dikenal dengan raja curas ini, melakukan serangkaian aksinya di tiga daerah tersebut dengan sadis.

"Pelaku ini terkenal sadis, selain mengambil harta korbannya juga tak segan melukai korbannya jika melakukan perlawanan," jelas Trunoyudho.

Masih dikatakannya, aksi komplotan ini juga sempat viral oleh kelompok MCA dengan pengunggah ke medsos TAW selaku dosen UII yang sudah diamankan oleh Bareskrim Polri.

"Saat komplotan ini melakukan aksi kejahatannya di Majalengka, sempat diviralkan oleh kelompok MCA bahwa aksi kejahatannya yang memakan korban salah seorang pengusaha, diviralkan dengan hoax oleh pelaku penyebaran hoax TAW bahwa korbannya muadzin," jelasnya.

Kesebelas pelaku yang diamankan yakni, berasal dari tiga lokasi perampokan.

"Kejadian pertama di Cirebon kota, kedua majalengka, ketiga di Indramayu. 3 TKP ini modusnya sama dengan cara mencongkel masuik rumah dan terhadap korban dilakukan penyekapan lakban dan harta benda dalam rumah dikuras untuk dikuasai," jelasnya.

Para pelaku berhasil diamankan di tiga wilayah tersebut, yakni Majalengka , Cirebon dan Indramayu.

"Dari hasil lidik olah tkp dan proses sidik, sudah tetapkan ada empat tersangka majalengka. Yakni Jajang warga majalengka, Soleh dari kabupaten purbalingga, Emod dari majalengka dan Elgino alias Rojak yang ditangkap dengan tindakan tegas terukur ditembak di bagian dadanya," paparnya.

Trunoyudho menambahkan, terhadap jasad EA sendiri sudah dilakukan autopsi di RS Sartika asih.

Untuk pelaku yang di Indramayu, yang diamankan yakni S dimana S juga ikut aksi di tkp majalengka, serta Ea yang tewas ditembak ikuta aksi di Indramayu, serta S pelaku asal Ciamis dan B asal subang yang masih DPO.

"Ada beberapa pelaku yang sama ikut melakukan aksi di Majalengka dan Indramayu," terangnya.

Untuk lokasi TKP di Cirebon, pelaku yang diamankan yakni N, An dan Aa dari majalengka sert S dari cirebon dan S yang ikut tkp di majalengka dan indramayu.

"TKP Cirebon juga , pelaku E almarhum yang tewas ditembak ikut melakukan. Lalu S dan U yang masih DPO sampai sekarang," terangnya.

Dari 11 pelaku yang diamankan, Enam orang pelaku kejahatan curas ini merupakan residivis kasus yang sama.

"Residivis kasus serupa yang ikut dalam komplotan Raja Curas ini, yakni M (lapas cirebon), Ts lapas Cirebon, S lapas Cibinong, N lapas Kuningan serta Sulaeman residivis 363 di Lapas Indramayu dan E yang ditembak mati, residivis lapas Cibinong," jelasnya.

Editor: Rahmat Sudarmaji

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR